BNI Debit Online, Solusi Belanja Onlineku

Dulu sebelum ada BNI Debit Online (BDO) atau orang-orang lebih sering menyebutnya VCN BNI, saya pernah membayangkan ada layanan penggunaan kartu debit untuk belanja di merchant-merchant online seperti di google playstore, paypal, amazon, dll. Sebab waktu itu hanya kartu kredit saja yang bisa digunakan untuk transaksi online, sementara saya belum mempunyai kartu kredit bahkan sampai sekarang juga belum punya soalnya baru mengajukan kartu kredit BNI dan belum tahu kabarnya disetujui atau tidak. Semoga saja disetujui oleh BNI. Waktu itu (tahun 2010) saya masih duduk di bangku semester satu program S1 di salah satu perguruan tinggi di Jakarta.

Saya adalah orang yang tergolong memiliki rasa keingintahuan yang tinggi, apalagi tentang komputer dan dunia internet. Saya pernah membangun bisnis online dengan membangun website sendiri. Saya juga membuka bisnis jasa pembuatan website bagi para pemilik toko online yang ingin memiliki website untuk toko onlinenya. Pada waktu itu, saya ingin menempatkan database website saya di webserver yang berasal dari luar negeri. Alasan saya ingin menempatkan database website saya di webserver itu adalah karena webserver itu menyediakan CMS (Content Management System) yang bagus untuk membangun dan mengelola website saya. Namun karena semua pembayaran harus menggunakan kartu kredit, dan waktu itu belum ada VCN BNI maka keinginan saya untuk menempatkan website saya di webserver itu kandas juga. Akhirnya saya memilih sebuah webserver lokal yang berpusat di Jogja untuk menempatkan database website saya. Masalah selesai, meskipun waktu itu saya tetap berandai-andai “coba pakai kartu debit bisa!

Dulu saya juga pernah belajar menjadi trader forex yang semua pembayarannya harus menggunakan paypal atau alat pembayaran online lainnya. Saya pernah mencoba untuk mendaftar di paypal, lagi-lagi gagal, karena pembayaran harus menggunakan kartu kredit. Akhirnya saya menggunakan alat pembayaran online lainnya dengan membeli saldo ke teman saya yang memang memiliki kartu kredit. Masalah pun selesai, meskipun waktu itu saya tetap berandai-andai “coba pakai kartu debit bisa!

Lagi-lagi, untuk memenuhi kebutuhan buku yang menunjang kuliah saya, waktu itu saya seharusnya membeli buku dari luar sebagai referensi tambahan sebab buku lokal memang tidak ada. Keinginan saya untuk membeli buku ini pun pupus juga, sebab pembayaran harus menggunakan kartu kredit. Akhirnya saya tidak jadi beli buku tersebut dan berusaha memaksimalkan buku lokal seadanya. Masalah pun selesai juga, meskipun waktu itu saya tetap berandai-andai “coba pakai kartu debit bisa!

Hari berganti hari, tahun pun begitu cepat berganti. Kini saya sudah duduk di bangku semester satu program S2 di salah satu perguruan tinggi di Jakarta. Bertahun-tahun saya menghindari transaksi online yang menggunakan kartu kredit. Harapan saya tentang adanya layanan pembayaran online dengan kartu debit pun terkubur dalam lubuk hati saya yang paling dalam, dan perlahan-lahan saya melupakannya. Mungkin  orang-orang sering bilang begini “siapa sih yang mau dikecewain berkali-kali?” Ya, begitulah saya, saya tidak berpikir lagi bahwa saya akan bisa bertransaksi online dengan kartu debit. Sudah cukup. Kondisi inilah yang membuat saya tidak tahu bahwa ternyata BNI sejak tahun 2013 (kalau tidak salah) telah meluncurkan BNI Debit Online sebagai solusi pembayaran transaksi online bagi nasabah yang tidak memiliki kartu kredit.

Baru akhir-akhir ini, kira-kira tiga bulan yang lalu saya mengenal VCN BNI. Saya kaget setelah saya mengetahui bahwa BNI sudah meluncurkan layanan ini sejak tahun 2013. Saya benar-benar kaget bahwa ternyata harapan saya waktu itu terwujud juga, meskipun saya sendiri yang terlambat mengetahuinya.

Ini bermula ketika saya ingin membeli coins untuk akun saya pada layanan LINE Messenger di android. Awalnya saya coba-coba saja memasukkan nomor kartu debit saya seperti yang saya lakukan lima tahun silam. Dan ternyata gagal. Tetapi, kali ini saya tidak menyerah begitu saja. Saya coba searching di Google bagaimana cara membeli coins Line, saya berharap menemukan cara lain. Tetapi dari beberapa judul artikel yang Google suguhkan kepada saya, ada pemandangan yang menarik di sana. Ada beberapa judul artikel yang bertuliskan kira-kira begini “Cara Mudah Membeli Coins Line dengan VCN BNI“. Saya langsung kaget, “apa-apaan ini? Kok saya tidak tahu.

Langsung saja saya klik salah satu link dari artikel itu, dan ya saya baru saja mengenal VCN BNI. Sedih dan gembira rasanya waktu itu. Sedih karena ternyata saya terlambat mengetahui info ini, gembira karena harapan saya waktu itu terkabul. Akhirnya saya search ulang di Google dengan kata kunci “cara mendaftar VCN BNI“, dan Google menyusuguhkan pada saya beberapa judul artikel dengan posisi indeks teratas langsung menuju artikel resmi dari BNI.co.id. Tidak lama setelah itu saya langsung mencoba bertransaksi untuk pertama kalinya menggunakan VCN BNI. Finally, Its work! Saya akhirnya bisa membeli coins Line. “Hahahaha” saya tertawa kegirangan waktu itu.

Hari-hari berikutnya saya jadi lebih mudah bertransaksi online. Saya beli gems untuk game COC saya. Saya beli buku di google playstore. Dan masih banyak lagi transaksi online yang telah maupun akan saya lakukan dengan VCN BNI. VCN BNI benar-benar telah membantu saya dalam transaksi online saat ini. Terima kasih BNI.

Untuk itu saya memiliki beberapa saran untuk kemajuan pelayanan VCN BNI ini, di antaranya adalah:

  1. Perbaikan pada sistem server SMS Bankingnya yang akhir-akhir ini sering down dan transaksi gagal.
  2. Notifikasi via SMS atau email bahwa transaksi dalam hal ini yang saya maksud adalah penggunaan VCN BNI yang telah dibuat berhasil atau gagal dalam pendebetannya.
  3. Keamanan data transaksi pada layanan VCN BNI ini juga harus ditingkatkan agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
8 thoughts on “BNI Debit Online, Solusi Belanja Onlineku

Leave a Reply

